Rabu, April 07, 2010

Lima Bisnis Moderat

Berikut adalah lima bisnis moderat. Bisnis modal dengkul dan urat leher.

 

Walau bisnis-bisnis ini bergerak dalam bidang yang berbeda, tetapi bisnis ini memiliki persamaan, yaitu; mereka semua masuk ke dalam kategori jasa dan bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan kartu nama dan brosur/surat penawaran plus, tentu saja, dengkul serta urat leher anda.

 

Pernah dengar istilah BOTOL-nya Purdi E Chandra (Berani Optimis Tenaga Orang Lain)? Nah, sebagian besar bisnis-bisnis moderat ini BOTOL banget!

 

Untuk tipe non-botol, anda bisa menyimpan 100% keuntungan untuk diri anda sendiri.

 

Untuk tipe botol, ada dua cara mendapatkan keuntungan. Pertama, komisi dari mitra utama anda. Kedua, mark up harga dari yang telah ditetapkan oleh mitra anda.

 

Misalkan mitra anda menetapkan tarif untuk salah satu jasa mereka sebesar Rp 1.000.000,- dan anda memperoleh bagian 10%. kemudian di dalam brosur yang anda buat harganya anda mark up menjadi Rp 1.100.000,-. maka keuntungan anda;

a. 10% x Rp 1.000.000,- = Rp 100.000,-

b. Rp 1.100.000,- - Rp 1.000.000,- = Rp 100.000,-

TOTAL keuntungan anda = Rp 200.000,-

 

Artikel ini tidak membahas secara detail setiap ide bisnis di dalamnya. Untuk keperluan itu penulis akan menulis artikel tersendiri. Karenanya agar anda tak ketinggalan info terbaru, silakan klik di sini untuk berlangganan artikel kami.

Cara Memulai

 

Langkah-langkah memulai bisnis moderat kurang lebih sama.

 

Kita ambil contoh, anda ingin menjalankan percetakan moderat.

 

Pertama, anda cari percetakan yang sudah cukup mapan dan tawarkan kepada mereka kerjasama. Katakan pada mereka bahwa anda bersedia memasarkan jasa mereka, jika mereka memberikan komisi yang menarik. Jika sudah saling setuju, anda harus mendapatkan info lengkap mengenai jasa-jasa apa yang ditawarkan termasuk cakupan layanan dan harga.

 

Kedua, tentukan nama yang menarik untuk percetakan baru anda. Lalu buat kartu nama dan brosur/surat penawaran.

 

Ketiga. Promosikan bisnis anda. Distribusikan brosur anda kepada calon klien. Langkah ketiga ini merupakan langkah tiada akhir. Harus anda lakukan terus menerus.

 

Saat ini saya sedang menyusun artikel mengenai cara promosi yang murah dan bahkan gratis. Silakan klik di sini untuk berlangganan artikel kami melalui rss atau email, agar info tersebut tak terlewatkan.

 

Berikut adalah daftar lima bisnis moderat untuk anda pilih.

 

Percetakan

Setiap orang membutuhkannya, baik untuk bisnis ataupun pribadi. Bisnis mana yang tak perlu kartu nama, kop surat, buku memo, amplop, form, kwitansi. Bahkan untuk berpromosi mereka perlu brosur, company profile, dll.

 

Beritahukan pula kerabat dan para sahabat, kalau mereka butuh undangan, anda sanggup untuk mencetaknya untuk mereka.

 

Segera buat percetakan dan cetak 'uang' anda sendiri.

 

Mengajar Les

Bantu siswa anda meraih prestasi di sekolah!

 

Buat kelas di rumah anda dengan biaya per paket atau per pertemuan. Atau datangi siswa anda, dan berikan les privat.

 

Jalankan salah satu cara atau keduanya, dan dapatkan kepuasan batin pengamalan ilmu sekaligus 100% keuntungan. Karena untuk yang satu ini anda tidak perlu perusahaan lain untuk anda jadikan mitra.

 

Bisnis ini pun bisa anda kelola dengan teknik botol; anda kumpulkan mahasiswa dan atau guru yang tertarik untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan mengajar les, dan anda pasarkan kemampuan mereka mengajar kepada para siswa-siswi haus ilmu dan prestasi di luar sana.

 

Catering

Anda tahu tempat makan yang enak di lingkungan anda tinggal. Ajak mereka memasak lebih banyak untuk pelanggan anda.

 

Tetapi sebelum memulai pastikan anda memiliki food container (tempat makanan, misalkan rantang atau lunch box) dan kendaraan untuk mengantar makanan pesanan para pelanggan.

 

Ayo jelajahi kelezatan dunia wirausaha.

 

Menjual Paket Pesta Pernikahan

Merencanakan pesta pernikahan sungguh bikin pusing. Bantu ringankan beban mereka dan dapatkan penghasilan berganda dari bisnis ini.

 

Mitra yang anda butuhkan; percetakan, hotel, catering, penyewaan ruang pertemuan, penyewaan alat-alat pesta, florist, bridal & salon, photografer, jasa video shooting, dan lain-lain. Bayangkan besar komisi yang anda dapatkan dari setiap mitra anda tersebut. Belum lagi keuntungan dari penjualan paket. Lebih dari cukup untuk mengganti semua kelelahan dan kepusingan anda membantu pasangan pelanggan anda memulai hidup bahagia.

 

Jasa Penerjemah

Satu lagi yang bisa memberikan anda keuntungan 100%.

 

Manfaatkan keahlian anda menguasai berbagai bahasa sebagai sumber penghasilan.

 

Tawarkan jasa anda ke penerbit buku, perusahaan internasional, mahasiswa, dll.

Kalau anda mau, bisa juga bekerja secara freelance pada perusahaan penerjemah yang sudah memiliki banyak klien, dan menerima komisi dari mereka.

 

Ada banyak lagi bisnis moderat dalam daftar saya. Tunggu bagian berikut dari tulisan ini. Silakan klik di sini agar tak tertinggal.

 

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 17/09/2008 di situs My Home Office. Situs tersebut masih dalam pengelolaan Abu Yervant.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

My Home Office

Arsip Blog