Minggu, April 04, 2010

30 Bisnis Yang Bisa Anda Mulai Dengan Modal Kurang Dari Satu Juta

Mulailah dari yang kecil, mudah, dan sederhana.

 

Walaupun tiga puluh bisnis yang ada dalam daftar ini modalnya kecil, bukan berarti tak berpotensi untuk menjadi bisnis besar.

 

Kami juga memberikan keterangan mengenai tingkat kesulitan untuk setiap bisnis yang ada. Kami menyarankan anda mengambil bisnis dengan tingkat kesulitan yang tinggi, jika anda memiliki keterampilan/kemampuan yang diperlukan untuk bisnis tersebut. Karena jarang orang yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, yang artinya banyak orang yang akan memerlukan jasa anda. Tetapi bukan berarti bisnis dengan tingkat kesulitan mudah tidak prospektif.

 

Silakan cermati. Mungkin saja ada bisnis yang cocok dengan keahlian, kemampuan, dan sumber daya yang anda miliki.

 

Agen/Retailer Buku. Agen buku biasanya mendapat diskon 20% - 35% dari penerbit, tetapi biasanya penerbit menetapkan belanja minimal untuk setiap judul. Kecuali anda telah berhubungan lama dengan mereka. Tetapi ada cara untuk mengatasi kendala ini, yaitu bekerja sama dengan agen besar dengan mengorbankan sedikit potensi keuntungan. Diskon yang anda dapatkan hanya 15% - 25%, tetapi anda bisa mengambil dari dia sesuai dengan pesanan yang anda terima. Anda bisa menjual secara langsung, lewat telepon, atau internet. Akan sangat baik bila anda memiliki kios. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Agen Iklan Media Cetak. Mulailah usaha ini dengan menghubungi teman atau relasi anda yang ingin menjual properti/kendaraan/produk/jasa. Tentu saja sebelumnya anda harus menjalin kerja sama dahulu dengan pihak media cetak. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Agen Penyalur PRT dan Baby Sitter. Carilah calon tenaga kerja melalui jaringan pertemanan atau keluarga di kampung asal. Kemudian hubungi tetangga atau kerabat yang membutuhkan pramuwisma dan baby sitter. Keuntungan didapat dari komisi dari pemesan yang besarnya bisa dinegosiasikan. Namun untuk baby sitter anda harus memberikan pelatihan khusus. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Jasa Antar Jemput Anak Sekolah. Manfaatkan mobil keluarga yang anda miliki untuk memulai usaha ini. Hubungi pihak sekolah atau para orang tua murid di lingkungan sekitar anda tinggal. Perhitungkan biaya perawatan dan BBM. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Info Rumah Kost dan Kontrakan. Investasi dalam bentuk uang untuk bisnis ini relatif kecil. Tetapi anda harus rajin menambah data kontrakan dan rumah kos yang mau beriklan melalui anda. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Pembuatan Klipping Media Cetak. Manfaatkan berita-berita yang ada di media cetak dan atau internet. Kumpulkan dan bagi ke dalam beberapa kategori dalam bentuk klipping. Tawarkan klipping tersebut ke relasi, teman, atau perusahaan-perusahaan. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Pengurusan SIM, SIUP, STNK, Dan Lain-lain. Modal utama anda adalah banyaknya jumlah relasi yang anda miliki. Keuntungan anda ambil dengan mengutip 2,5% - 20% dari harga yang disepakati bersama. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Penitipan Kendaraan Bermotor. Kalau anda memiliki lahan kosong yang berdekatan dengan pasar, stasiun, terminal, dan atau pintu jalan tol, peluang bisnis ini sangat cocok untuk anda. Bahkan bisnis ini bisa dijalankan dengan mata tertutup. Seperti menanam pohon uang saja. Dengan hanya memiliki lahan yang bisa diisi oleh sepuluh motor saja, dengan biaya titip per hari Rp 3000,-, anda bisa memiliki penghasilan tambahan Rp 900.000,- per bulan tanpa harus keringatan. Untuk pengembangan anda bisa juga menambahkan jasa cuci kendaraan, atau perawatan lain. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Penjahit Pakaian. Manfaatkan keterampilan anda menjahit sebagai sumber penghasil uang. Dan untuk memberi nilai tambah akan sangat penting sekali bila anda tahu perkembangan mode terbaru dan memiliki keterampilan mendesain pakaian. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Penterjemah. Penguasaan terhadap bahasa asing dengan baik merupakan modal utama bisnis ini. Untuk komputer anda bisa membeli kompi bekas atau menyewa. Kompi bekas seharga Rp 1 juta sudah sangat memadai untuk keperluan ini, sedangkan harga sewa komputer Rp 2000 – Rp 3000 per jam. Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Perbaikan Sepatu Dan Tas. Laba-laba di kawasan Cikini merupakan contoh sukses bisnis ini. Bantu pelanggan anda agar sepatu dan tas kesayangan mereka tetap 'baru'. Carilah pelanggan di sekitar lingkungan anda tinggal terlebih dahulu. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Programer Komputer. Ahli mengutak-atik kode untuk menciptakan software komputer. Tawarkan jasa anda kepada pemilik usaha yang membutuhkan program khusus untuk keperluan usaha mereka. Untuk promosi buat saja satu software sederhana tapi berguna untuk didistribusikan dan dipakai secara gratis. Sisipkan iklan anda di dalamnya. Bisa juga memasarkan jasa anda melalui eLance.com. Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Rental Kendaraan Bermotor. Peluang ini cuma untuk anda yang memiliki kendaraan 'nganggur' di rumah. Anda bisa berhubungan dengan kantor atau pihak lain yang sekiranya memerlukan kendaraan untuk mereka pakai. Investasi hanya untuk biaya perawatan bulanan. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Penulisan Skripsi/Tesis/Disertasi. Modal utama bisnis ini adalah kemampuan untuk menganalisa dan mengolah data serta menampilkannya dalam bentuk tulisan. Tawarkan pula jasa riset untuk memperkaya hasil tulisan. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Service Peralatan Elektronik. Bukan hanya keterampilan memperbaiki peralatan elektronik, modal utama bisnis ini anda juga harus memiliki peralatan kerja standar. Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Penyewaan Buku/Majalah/Komik. Manfaatkan buku-buku/komik lama anda. Dan rajin-rajinlah menambah koleksi anda. Bila dana sangat terbatas, anda bisa memburunya di loakan buku. Garasi atau teras bisa anda jadikan tempat usaha. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Makanan Berbasis Sayuran. Jual aneka makanan cepat saji berbasis sayuran seperti gado-gado, karedok, lotek, ketoprak, dll. Anda akan memerlukan batu cobek dan peralatan makan serta pernak-pernik kecil lain seperti tusuk gigi dll. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Penyedia Hewan Qurban Dan Aqiqah Siap Saji. Tak perlu punya kandang sapi atau kambing serta dapur ekstra besar untuk bisnis ini. Cukup jalin kerjasama dengan agen hewan potong yang menawarkan sistem komisi berdasarkan pesanan yang anda dapat. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Produsen Aneka Kue. Jangan langsung memproduksi dalam jumlah banyak, kecuali anda telah memiliki basis pelanggan yang banyak. Selain modal pembelian bahan dasar kue, perhitungkan juga biaya listrik dan air dalam penentuan harga jual. Anda bisa kerjasama dengan toko-toko untuk menjual kue anda dengan sistem konsinyasi atau beli putus. Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Produsen Bumbu Siap Saji. Modal utama bisnis ini adalah teknik meracik bumbu yang mumpuni plus tentu saja alat-alat seperti blender atau gilingan bumbu lain. Bungkus dalam kemasan yang higienis dan menarik. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Produsen Jamu Dan Obat Herbal. Anda harus paham sekali mengenai khasiat tanaman obat. Mana yang bisa dicampur, mana yang tidak, dll. Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Produsen Jajanan Pasar. Kalau belum pandai membuat kue, belajarlah dari resep-resep yang ada. Tetangga dan kerabat bisa menjadi tester pertama produk anda. Bila respon dari mereka positif, kembangkan resep tersebut agar bisa tampil lebih cantik dan menarik selain memiliki rasa yang lezat. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Warung Mie Instan. Tak banyak yang perlu anda siapkan, bahkan sebagian peralatan bisa anda gunakan peralatan yang sudah anda miliki. Tapi jangan lupa persiapkan kebutuhan penunjang, seperti mangkok atau wadah lain bagi yang ingin membawanya pulang. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Pembuatan Rambut Palsu. Bisnis satu ini memerlukan keahlian tersendiri dalam membuat bahan baku rambut menjadi sanggul/konde atau wig. Selain itu anda juga harus telaten. Tingkat kesulitan: tinggi.

 

Les Privat/Bimbingan Belajar. Berbagi ilmu sambil mendulang rejeki. Jika anda seorang guru akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan: murid anda! Tingkat kesulitan: sedang.

 

Internet Marketing. Kemajuan teknologi informasi semakin mempermudah kerja dan dunia kewirausahaan. Internet memungkinkan anda untuk memiliki usaha kelas rumahan dengan pasar yang mendunia. Cukup hadirkan produk dan atau jasa anda secara on-line, maka setiap orang di belahan dunia ini yang bisa mengakses internet adalah pasar anda. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Kerajinan Tangan. Karena memerlukan ketekunan yang tinggi anda harus mencintai proses pengerjaannya. Biasanya memang pengrajin yang berhasil menjadikan bidang ini sebagai sumber penghasilan adalah orang yang mengawal bisnis ini sebagai hobby. Ajak sesama pengrajin berkongsi untuk menghasilkan lebih banyak produk. Tingkat kesulitan: sedang.

 

MLM. Anda harus mendaftar dan bergabung dengan perusahaan penyelenggara MLM sebagai distributor melalui seorang sponsor. Syarat sukses di bisnis ini sama seperti bisnis lain; kerja keras dan pantang menyerah. Tingkat kesulitan: mudah.

 

Pengolahan Limbah Rumah Tangga. Hebatnya bisnis ini adalah bahan bakunya bisa anda dapat dengan mudah dan murah, bahkan gratis. Yang penting adalah anda memiliki kreatifitas dan keahlian untuk mendaur ulang sampah plastic, kertas, organic/non-organik menjadi produk yang berguna. Skala usaha ini bisa anda mulai dari yang kecil ataupun besar. Tingkat kesulitan: sedang.

 

Penulis Lepas. Kemampuan untuk menyampaikan pesan dan ide melalui tulisan merupakan modal utama bisnis ini. Pekerjaan yang mungkin bisa anda dapat adalah penulisan artikel di majalah atau Koran, buku, skripsi/ karya tulis, dan lain-lain.

 

Demikian tiga puluh bisnis yang bisa anda mulai dengan modal kurang dari satu juta rupiah. Daftar ini tentu saja tidak bisa memuaskan dahaga anda akan informasi mengenai bisnis moderat. Percayalah bahwa masih banyak usaha yang bisa anda mulai dengan modal kurang dari satu juta rupiah. Saya juga mengundang para pembaca yang memiliki kriteria usaha seperti ini untuk berbagi dengan pembaca lain.

 

Selain itu saya juga akan selalu menambahkan ide-ide baru. Agar tidak ketinggalan silakan berlangganan informasi dari kami melalui email.

 

Artikel ini sebelumnya dimuat di myho.biz. Pasca serangan hacker sebagian artikel dipindahkan kesini.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

My Home Office

Arsip Blog