Sabtu, Maret 13, 2010

Mengelola Bisnis Kursus Event Organizer

Artikel ini diambil dari www.IdeBisnisUsaha.com yang digawangi oleh Roffi Grandiosa. Artikel asli bisa sobat baca di sini.
Salah satu karir yang menarik dan menghasilkan uang adalah menjadi event organizer. Pada prinsipnya event organizer adalah seseorang atau kelompok yang bertugas merangkai dan membuat sebuah acara mencapai tujuannya. Acara yang bisa diorganisasi cukup beragam antara lain pernikahan, reuni, outbound dan lain-lain.

Keahlian menjadi event organizer didapatkan dari pengalaman, namun seorang event organizer harus memiliki kepribadian yang baik, komunikatif dan memiliki program kerja yang efektif.

Untuk menjadi event organizer memang jarang ada bangku sekolah yang formal namun profesi ini cocok untuk mereka yang telah mempelajari ilmu komunikasi. Mengingat kurangnya pendidikan formal untuk event organizer, Anda bisa menjadikan peluang tersebut untuk mendirikan usaha event organizer.


Apa saja yang menarik untuk dijadikan bahan pelajaran pada kursus event organizing? Barangkali ada banyak materi diantaranya membuat proposal acara, teknik komunikasi yang efektif, strategi mengelola sebuah acara
dan lain-lain.

Dalam kursus event organizer ditekankan lebih ke arah pembelajaran teori dibanding praktek. Anda perlu menyusun bahan ajar dengan materi terkini yang dapat dipertanggungjawabkan. Alangkah lebih baik bila Anda mengundang penilai atau akreditor dari dinas pemerintah yang terkait supaya lembaga kursus Anda dapat terakreditasi dan nilai jualnya meningkat.

Sarana untuk memulai usaha ini antara lain perlengkapan meja dan kursi, papan tulis whiteboard dan bila perlu sebuah multimedia projector untuk menampilkan sebuah pembelajaran yang menarik. Sebagai pengusaha kursus, Anda juga wajib mencari tenaga pengajar yang telah memiliki pengalaman di bidangnya. Jika Anda sendiri yang berminat mengajar siswa kursus, berarti sedikitnya Anda harus memiliki pengalaman sebagai Event Organizer.

Agar kursus Anda tak dipandang sebelah mata, ada baiknya usaha kursus terletak di tempat strategis. Anda bisa menyewa ruangan usaha dan menyulapnya menjadi kelas untuk belajar. Agar siswa kursus nyaman, ruang
belajar bisa dilengkapi AC.

Administrasi usaha dirasakan cukup penting dan Anda harus mengelola banyak hal antara lain, jadwal kursus, menyediakan bahan ajar, honor pengajar dan bahkan promosi usaha.

Berbicara mengenai promosi, hal ini memegang kendali yang penting agar kursus diminati oleh masyarakat. Anda bisa berpromosi di surat kabar, internet, majalah dan lain sebagainya. Sarana promosi lainnya antara
lain kartu nama, banner, brosur dan spanduk.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

My Home Office

Arsip Blog